Kamis, 29 Desember 2011

MODIFIKASI MODEL SNOWBALL THROWING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI ADAB MAKAN DAN MINUM



Oleh : Asep Rahmatudin

SKENARIO PEMBELAJARAN

Model pembelajaran “Snowball Throwing” merupakan teknik pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, dan menantang peserta didik untuk berpikir. Sedangkan model NHT merupakan varian dari model pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik. Empat fase yang harus diperhatikan guru dalam menggunakan model NHT, yaitu penomoran, mengajukan pertanyaan, berpikir bersama, dan menjawab pertanyaan. Adapun modifikasi yang dilakukan oleh penulis terletak pada tata cara pembuatan pertanyaan dan pembahasannya.

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
12. Membiasakan perilaku terpuji

12.1  Menjelaskan adab makan dan minum;
12.2  Menampilkan contoh adab makan dan minum.

Langkah-Langkah Pembelajaran (Syntax)
1.         Kegiatan Awal
a.        Orientasi
Orientasi dilakukan untuk memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dipelajari, diantaranya dapat dilakukan dengan cara :
1)   Mengucapkan salam ketika masuk kelas dengan tampilan prima, segar, dan ceria, kemudian  menyapa peserta didik dengan ramah dan menyenangkan;
2)     Meminta kerjasama mereka, karena menarik tidaknya pelajaran hari ini tergantung bagimana cara  mereka merespons suasana kelas hari ini;
3)        Meminta mereka berdoa dan membaca Al-Fatihah sejenak.
b.        Appersepsi
Appersepsi dilakukan dengan menampilkan photo-photo acara resepsi pernikahan yang ditayangkan melalui program aplikasi microsoft office power point. Kemudian setelah tayangan selesai guru mengajukan beberapa pertanyaan sebagai pree test.
c.         Motivasi
Motivasi dilakukan untuk memberikan gambaran tata cara makan dan minum yang dicontohkan Rasulullah SAW, sehingga dilihat dari tata cara makannya saja, ummat Islam pantas disebut sebagai ummat yang beradab.
2.         Kegiatan Inti
  •  Sebelum menyampaikan materi, guru memberikan petunjuk tentang kegiatan apa saja yang akan dilakukan, dan arti penting materi adab makan dan minum bagi kehidupan, pastikan agar peserta didik tidak melewatkannya 
  • Guru menyampaikan SK dan KD terkait dengan materi adab makan dan minum; 
  • Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi yang harus dibahas oleh kelompoknya; 
  • Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya; 
  • Kemudian masing-masing peserta didik diberi satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi adab makan dan minum sesuai dengan penjelasan ketua kelompok;  
  • Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu orang kepada yang lainnya secara acak (point a s.d. f  : syntax Snowball Throwing);  
  • Setelah seluruh peserta didik memegang bola kertas, guru meminta mereka untuk membuka bola kertasnya, kemudian ketua kelompok menginventarisir pertanyaan dan membahasnya secara bersama-sama. Peserta didik pemegang bola kertas yang berisi pertanyaan  menjadi leader untuk membahas pertanyaan tersebut dalam kelompoknya; 
  • Guru berkeliling untuk  meluruskan pertanyaan yang terkumpul dari setiap kelompok; 
  • Jawaban setiap kelompok ditulis dalam lembar kerja yang disediakan guru, kemudian guru mengundi nomor berpikir peserta didik dengan menggunakan dadu, nomor yang muncul harus mempresentasikan  jawaban atas pertanyaan yang terkumpul dari seluruh anggota kelompoknya (point a, b, g, h, dan i : syntax Numbered Head Together); 
  • Guru memberi reward kepada kelompok atau peserta didik yang aktif dan kreatif; 
  • Kemudian, sebelum jam pelajaran berakhir guru melakukan clossing sebagai simpulan melalui tayangan program aplikasi microsoft office power point. 
3.         Kegiatan Akhir
a.    Guru melakukan post test dengan mengajukan beberapa petanyaan terkait dengan materi yang telah dipelajari;
b.    Guru melakukan refleksi dan penguatan terhadap materi yang telah dipelajari dengan mengutif QS Al-Kautsar;
c.     Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari minggu selanjutnya (insight).

1 komentar:

  1. INSYAALLOH SAYA AKAN MENYEMPURNAKAN PRAKTEK MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING INI DI SEKOLAH KAMI....

    BalasHapus